Jumat, 01 Juli 2016

Kapitalisme Tulen (Ersatz)

Sebab kapitalisme menurut Ersartz di asia, (oleh Yastiuhara) yaitu adanya Campur tangan pemerintah dan Teknologi tak memadai. Soslusinya yaitu Memperbaiki campur tangan pemerintah dan memperbaiki kualitas SDM dalam teknologi dan ilmu pengetahuan. Sejarah kapitalisme di Indonesia yaitu VOC. Robinson mengungkapkan ada 4 tahap kapitalisme Indonesia :


1. Karena monopoli hasil produksi pribumi, intervensi sistem produksi pribumi.
2. VOC bangkrut, diambil oleh negara
3. Kapitalisme manufaktur (negara)
4. Manufaktur, dengan investasi asing (investor)

Peran sosiologi harus paham detail terhadap perkembangan masyarakat Indonesia. Yang pertama, bagaimana kondisi Indonesia dalam historisnya yang membentuk kondisi indonesia saat ini ? Ada suatu problem dalam pertumbuhan ekonomi yang makro (secara umum) yang terjadi. Sekitar abad 15an portugis sudah memasuki indonesia namun tidak memberikan sistem ekonomi. Baru pada abad 17an VOC datang, yang mana VOC merupakan kongsi dagang, bukan penjajah dari kerajaan belanda. Tujuan utama VOC adalah mencari bahan-bahan mentah pertanian (seperti rempah) ini dikarenakan mendengar dari portugis (khusunya daerah maluku). Melihat Indonesia yang kaya akan produksi sumber dayanya, VOC berambisi menguasai bukan hanya membeli dan mengekspor. Pada saat VOC bangkrut ada kekosongan dalam kekuasaan daerah-daerah yang tadinya dikuasai VOC sehingga belanda sebagi kerajaan datang ke daerah-daerah tersebut dan membentuk negara koloni. Disinilah belanda mulai masuk dengan kekuatan yang besar. Setelah pangeran diponegoro ditangkap, Jawa menjadi daerah kekuasaan belanda (namun Aceh masih susah ditakhlukan).

Suatu sistem strata dibentuk oleh belanda dalam bidang ekonomi dan hukum sehingga timbul perusakan perlakuan. Sekitar tahun 1825-18301an belanda bangkrut karena perang diponegoro sehingga belanda mengalami paceklik, sehingga suatu kebijakan liberalisasi mulai dibuka oleh belanda. Pendidikan hanya untuk rekrutan pekerja administrasi di Indonesia. Pada 1830 pemerintahan hindia belanda terbentuk, seperti volkstraat (DPR), Irigasi untuk memberi pengairan dalam sektor agraris, transmigrasi untuk memperluas akan peraturan diluar jawa. Pemerintahan hindia belanda mulai membuat semua sistem hukum, ekonomi. Pemerintah hindia belanda mulai menjalankan survey-survey untuk mencari daerah pertambangan di seluruh Indonesia sehingga belanda sudah memiliki data pemetaan daerah-daerah di Indonesia beserta isi tambangnya di perpustakaan leiden. Dalam kondisi seperti ini, kapitalisasi indonesia telah ada sejak zaman belanda. Pemerintah orang orang penguasa dan liberal. Setelah Indonesia merdeka, belanda masih melakukan protes protes agresi militer 1 dan 2 perjanjian-perjanjian yang mana demi mempertahankan perusahaan-perusahaan asing Belanda. Pada zaman Orde Lama Presiden Soekarno melakukan hutang untuk membangun infrastruktur dan membiayai benteng dari nasionalisasi perusahaan asing. Sehingga perusahaan asing dimiliki pribumi namun dari dalam sendiri SDM Indonesia belum mampu dan pada akhirnya hanya beberapa perusahaan yang bertahan. Jadi pada intinya pada Orde Lama perekonomian Indonesia terpuruk namun pada Orde Baru lebih memfokuskan kepada pembangunan perekonomian. Belanda merupakan ekonomi kolonial bukan sepenuhnya liberalis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar